AKSI NYATA MODUL 1.1 FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA
AKSI NYATA 1.1. MODUL 1.1
Assalamu'alikum wr wb saya Umi Kulsum dari SDN 2 LOGANDU akan merefleksikan
tentang pemahaman saya tentang materi Filosofi Kihajar Dewantar. Bapak Ki Hajar
Dewantara adalah seorang pelopor pendidikan yang aktif dalam dunia pendidikan.
Pendidikan Ki Hajar dewantara bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada
anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya. Dalam proses menuntun anak diberi kebebasan. Pendidik
sebagai pamong dalam memberikan tuntunan agar anak tidak kehilangan arah dan
membahayakan dirinya, mendidik anak sesuai dengan kodrat alam dan zaman.
1. Yang saya percaya tentang murid dan
pembelajaran di kelas sebelum saya
mempelajari modul 1 ini anak sebagai tabularasa kertas kosong sehingga tugas
utama guru adalah mengisi kertas kosong dengan pelajaranyang penting buat anak
-anak. Saya sangat memperhatikan mereka kebutuhan apa saja yang diharapkan.
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpusat pada guru.. Maka
pentingnya transfer ilmu kepada anak, Transfer pengetahuan guru dan guru harus
aktif ketika proses pembelajarn di kelas. Guru sebagai fasilitator serta
pembimbing yang baik .
2. Yang berubah dari pemikiran atau
perilaku saya setelah mempelajari
modul ini yaitu memberi kebebasan kepada siswa untuk belajar tanpa tekanan
sesuai karakteristik anak. Mereka mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, ada
yang audio, visual dan audio visual serta kinestetik. Tugas saya sebagai guru
adalah mendesain pembelajaran sebaik mungkin agar anak anak bisa merasa senang,
bersemangat dan senang saat saya mengajar
3. strategi yang saya lakukan adalah mengidentifikasi karakteristik siswa mengetahui hambatan tujuan dan tingkat perkembangan siswa belajar. Pendidikan menuntun saya menyadari bahwa sebagai pendidik tidak bisa memaksakan kehendak kita untuk diikuti oleh anak memberikan berbagai materi kepada siswa tanpa memperhatikan kemampuan dan bakatnya. Guru harus bisa menuntun siswa sesuai bakat dan kemampuanya tanpa memperhatikan suasana belajar yang menyenangkan, desain pembelajaran semenarik mungkin. saya harus bisa mendidik dengan menerapkan trilogi pendidikan ing ngarso sung tuladha ing madyo mangun karso tut wuri handayani pendidikan sesuai kodrat alam dan zaman. Saya semakin paham dan sadar bahwa setiap anak itu unik, memiliki karakteristik bakat dan minatnya
"Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."
"Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun."
"Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."
Keren banget, Bu Umi. Sangat sistematis, jadi paham alurnya. Mantap pokoknya
BalasHapusMantap luar biasa
BalasHapusKeren, bu.. sungguh menginspirasi..
BalasHapusLuar Biasa menginspirasi sekali bu Umi...Salam Kenal dari saya Ely Agustina Sumbawa NTB
BalasHapussangat bagus.........luar biasa......teruslah berkarya dan sukses selalu
BalasHapusMenginspirasi sekali,.. sukses terus untuk ibu guru inovatif dan kreatif
BalasHapusMantap... Terus berkarya......
BalasHapus