Minggu, 30 Oktober 2022

AKSI NYATA MODUL 1.1 FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA

AKSI NYATA  1.1.  MODUL 1.1

Oleh UMI KULSUM, S.Pd

CGP A6 Kab. KEBUMEN JAWA TENGAH

            Assalamu'alikum wr wb saya Umi Kulsum dari SDN 2 LOGANDU  akan merefleksikan tentang pemahaman saya tentang materi Filosofi Kihajar Dewantar. Bapak Ki Hajar Dewantara adalah seorang pelopor pendidikan yang aktif dalam dunia pendidikan. Pendidikan Ki Hajar dewantara bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan  yang setinggi-tingginya. Dalam proses menuntun anak diberi kebebasan. Pendidik sebagai pamong dalam memberikan tuntunan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya, mendidik anak sesuai dengan kodrat alam dan zaman.

1. Yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1 ini anak sebagai tabularasa kertas kosong sehingga tugas utama guru adalah mengisi kertas kosong dengan pelajaranyang penting buat anak -anak. Saya sangat memperhatikan mereka kebutuhan apa saja yang diharapkan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpusat pada guru.. Maka pentingnya transfer ilmu kepada anak, Transfer pengetahuan guru dan guru harus aktif ketika  proses pembelajarn di kelas. Guru sebagai fasilitator serta pembimbing yang baik .

2. Yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini yaitu memberi kebebasan kepada siswa untuk belajar tanpa tekanan sesuai karakteristik anak. Mereka mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang audio, visual dan audio visual serta kinestetik. Tugas saya sebagai guru adalah mendesain pembelajaran sebaik mungkin agar anak anak bisa merasa senang, bersemangat dan senang saat saya mengajar 

 
Kegiatan Sholat Dhuhur Berjamah

Hasil Karya anak
Kegiatan setiap sebulan sekali makan bersama
Kegiatan kelompok belajar di luar kelas


                                
                                                      Kegiatan Berbagi 👍👍

3. strategi yang saya lakukan adalah mengidentifikasi  karakteristik siswa mengetahui hambatan tujuan dan tingkat perkembangan siswa  belajar. Pendidikan menuntun saya menyadari bahwa  sebagai pendidik tidak bisa memaksakan kehendak kita untuk diikuti oleh anak  memberikan berbagai materi kepada siswa tanpa memperhatikan  kemampuan dan bakatnya. Guru harus bisa menuntun siswa sesuai bakat dan kemampuanya  tanpa memperhatikan suasana belajar yang menyenangkan, desain pembelajaran semenarik mungkin. saya harus bisa mendidik  dengan menerapkan trilogi pendidikan ing ngarso sung tuladha ing madyo mangun karso tut wuri handayani pendidikan sesuai kodrat alam dan zaman. Saya semakin paham dan sadar bahwa setiap anak itu unik, memiliki karakteristik bakat dan minatnya


 "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."

"Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun."

 "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."

Testimoni: 

Anak anak: "Terimakasih Bu guru pembelajaranya sangat menyenangkan setiap ada kegiatan ada permainanan seru membuat kami semangat"
Kepala Sekolah; " Pembelajaran yang dilaksanakan oleh CGP di SDN 2 Logandu semakin membaik dan terus melangkah ke pembelajaran yang menyenagkan sesuai Filosofi Kihaahar Dewantara, ing ngarso sung tuladha ing madya mangun karso tut wuri handayani" 


7 komentar:

  1. Keren banget, Bu Umi. Sangat sistematis, jadi paham alurnya. Mantap pokoknya

    BalasHapus
  2. Luar Biasa menginspirasi sekali bu Umi...Salam Kenal dari saya Ely Agustina Sumbawa NTB

    BalasHapus
  3. sangat bagus.........luar biasa......teruslah berkarya dan sukses selalu

    BalasHapus
  4. Menginspirasi sekali,.. sukses terus untuk ibu guru inovatif dan kreatif

    BalasHapus
  5. Mantap... Terus berkarya......

    BalasHapus

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...