Selasa, 28 Februari 2023

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.2.a.8

 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA 

SDN 2 LOGANDU


Oleh Umi Kulsum 
CGP Angkatan 6 
KEBUMEN

Pertanyaan Pemataik

Kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 

Pemimpin pembelajaran adalah sosok pemimpin yang mampu mengambil kekuatan yang ada di sekolah dalam komunitas suatu ekosistem dari kekuatan yang dari abiotik maupun biotik. Seorang pemimpin pembelajaran akan mampu mengelola sumber daaya yang ada dengan sikap yang optomis. Pemimpin pembelajaran memandang setiap yang dimiliki merupakan aset yang dimiliki menjadi modal utama dalam mengembanglanya. Ada 7 aset utama yang harus diperhatikan antara lain: Manusia, Sosial, fisik, alam, lingkungan/alam, finansial, politik , agama dan budaya.

Implementasi di kelas pemimpin pembelajaran mampu mengoptimalkan apa yang dimiliki dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai kebutuhan dan minat murid. Implementasi di sekolah pemimpin pembelajaran harus mampu memanfaatkan aset yang ada dan mengidentifikasikan modal utama dalam aset sekolah yang dimilikinya untuk mengembangkan program yang ada di sekolah mencapai visi dan misi sekolah yang diharapkan. Dan implementasi di masyarakat mampu memanfaatkan atau mengelola sumber daya  masyarakat dan mampu menjalin kolaborasi dengan lingkungan  sekitar sekolah demi kemajuan sekolah.  dengan seluruh warga sekolah.

Contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumberdaya yang tepat akan membantu proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas. 

Yaitu memanfaatkan aset yang ada disekolah misalnya saja dalam pembelajaran maka saya dapat mengundang wali murid tersebut untuk menyampaikan materi yang lebih terperinci kepada murid sesuai dengan bidang misalnya pembuatan makanan yang terbuat dari singkong tersebut pada mata pelajaran seni dan prakarya. Jadi pengelolaan sumber daya manusia sebanding dengan peningkatan pembelajaran karena kita tidak fokus pada aset kekurangan namun pada kekuatan 

Materi ini juga berhubungan dengan modul lainya yang berhubungan dengan modul lainya yang di dapatkan sebelumnya dari guru penggerak. 

Kaitan dengan Modul Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional

Menurut Ki Hadjar Dewantara pendidikan merupakan suatu proses memberikan tuntutunan terhadap segala kekodrat dan kuatan yang dimiliki oleh murid agar mencapai keselamatan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusiamaupun sebagai seorang anggota masyarakat. Jadi sebagai seorang pemimpin pembelajaran maka kita harus dapat mengembangkan potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh seorang murid agar mampu berkembang dengan maksimal. Dan memastikan apakah murid sudah dapat mengembankan potensinya dan kekuatan yang dimiliknya sesuai dengan kodrat zaman dan berdasarkan pada bakat dan minat yang dimilikinya oleh seorang murid.

Kaitan dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak

Nilai dan peran guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif, dan reflektif. Seorang pemimpin pembelajaran mampu mengelola aset yang dimiliki oleh sekolah untuk semakin mengembangkan nilai yang harus dikembangkan pada dirinya. Tidak menjadikan kekurangan yang dimiliki oleh sekolah menjadi satu alasan untuk tidak mengemabangkan nilai dan peran sebagai guru penggerak. Karena dengan dikembangkan nilai guru penggerak yang ada pada dirinya akan mudah mewujudkan profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif.

Katan dengan Visi Guru Penggerak

Seorang pemimpin pembelajaran harus mampu menyusun visi dan misi agar menjadi suatu motivasi dalam bergerak. Di dalam mewujudkan visi dan misi butuh suatu pendekatan yaitu pendekatan inkuiri apresiatif yaitu suatu pendekatan yang berbasi pada kekuatan. Hal ini sangat sejalan dengan modul yang sedang kita pelajari saat ini karena dalam langkah-langkah BAGJA dibuthkan suatu pengelolaan sumber daya yang bersumber pada kekuatan sehingga dapat mewujudkan suatu prakarsa perubahan yang kita inginkan yaitu berkaitan dengan perubahan positif yang ada disekolah karena dengan adanya konsistensi dari perubahan yang positif akan melahirkan suatu budaya yang positif. Budaya yang positif dapat terwujud dengan  mengindentifkasi kekuatan-kekuatan sesuai sumber daya yang dimiliki oleh sekolah untuk jabarkan rencana pada langkah-langkah BAGJA.

Kaitan dengan Modul Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran 

Pada modul ini kita juga sudah belajar tentang pengambilan keputusan berdasarkan 9 pangkah, 4 Paradigma dan 3 pendekatan dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan dilema etika. Dan hal ini merupakan aset manusia yang dimiliki oleh sekolah.

Hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

Sebelum mempelajari modul ini saya sebagai seorang guru penuh rasa pesimis karena setiap akan melakukan langkah perubahan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran saya selalu memikirkan tentang hal hal yang berkaitan dengan kekurangan yang dimiliki oleh sekolah sehingga saya kurang suport terhadap apa yang ada di sekolah. 

Kemudian beberapa waktu saya berubah pikiran menjadi berubah penuh dengan rasa optimis karena saya tidak memandang semua hal dari kekurangannya tetapi saya jadikan kakurangan sebagai suatu sumber kekuatan atau aset. Saya jadi dapat mengidentifkasi aset atau modal yang dimilikin oleh sekolah. Sehingga dapat mewujudkan perubahan yang saya inginkan terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. saya dapat memanfaatkan 7 aset yang meliputi modal manusia, finansial, lingkungan atau alam, politik,fisik maupun modal  sosial, agama dan budaya.






10 komentar:

  1. Salam kenal .....luarrr biasa kemampuannya dalam menyerap materi dan implementasinya di sekolah khususnya dalam kelas.....salam sehat ....terus berkarya...... tetap bahagia

    BalasHapus
  2. terimakasih atas suportnya, salam kenal kembali, maaf ini siapa y

    BalasHapus
  3. Salam sukses selalu bu Umi, semoga kita semua segera lulus dari CGP dengan Predikat A+, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terimakasih atas do'a dan semangatnya. Sukses bersama

      Hapus
  4. Mantap sekali pemamaparannya... Benar bahwa pemimpin dalam pengelolaan sumber daya kita harus tau apa saja asset kekuatan yang ada disekolah kita... Jangan lihat kekurangan saja.... Kelebihan ini yang yang kita manfaatkan dan digali

    BalasHapus
  5. Bagus isi materinya, ringkas dan padat, sukses selalu .....Berubah, berbagi dan berkolaborasi bersama.

    BalasHapus
  6. Wiiiihh belajar ilmu baru. Sukses selalu program program nya dan semangat menekuni hobi....

    Semoga rajinnya nular 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba ratih sayangkuh, sehat sehat ya. sukses pula untukmu

      Hapus

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...