Jumat, 19 November 2021

PEMASARAN BUKU

 


Alhamdulillah pelatihan belajar menulis sudah sampai pertemuan ke 21. Rasa syukur yang luar biasa membuatku tetap semangat belajar. Kali ini materi akan disampaikan oleh narasumber yang keren dan sangat bijaksana serta berpengalaman di dunia menulis dan pemasaran buku. Moderator  kali ini adalah  Ms Phia  seorang yang sudah berpengalaman dan menguasai bahasa asing. Beliaua pandai berbahasa Inggris serta bahasa lainya. 

Profil Narasumber

Sebeleum acara  dimulai ibu Ms Phia menyampaikan profil narasumber yang bernama Agus Subardana, M.M. Beliau seorang direktur marketing penerbit Andi. Bekerja di  selama 17 tahun di Penerbit Andi Yogyakarta. Bidang pemasaran digeluti sejak tahun 1999 samapai  sekarang. Lulusan S1 Managemen Pemasaran. Seorang Moderator di even webinar.

Menurut beliau ada 2 strategi pemsaran yang dapat dilakukan antara lain: 

1. Strategi pemsaran buku serangan udara ( on Line)

2. Strategi pemasaran buku serangan darat ( Off Line)

Penjualan buku Online kita harus proaktive untuk terus promosi, dengan tujuan:

        ✅ menyiapakan informasi produk secara masif kepada target

        ✅ Mendapat konsumen baru , serta mempertahankan konsumen yang ada sehingga kesetian terjaga.

        ✅ Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

        ✅ menaikan penjualan profit

        ✅ membandingkan keunggulan produk dengan pesaing

        ✅ membentuk citra produk dibenak konsumen sesuai yang diinginkan

        ✅ mengubah tingkah laku  , persepsi dan pendapat konsumen ( yang kurang minat beli , menjadi tertarik               beli) 

        ✅ pemasaran buku lewat komunitas. Gunakan komunitas yang kita miliki untuk sarana promosi dan                      penjualan buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif  dan efisien sehingga tingkat                                  keberhasilan lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya harus proaktif komunikasi dan               interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Strategi Pemasaran buku serangan Darat ( Off Line )

 Untuk  menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku, kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Beliau mempunyai 90 cabang  di kota Aceh samapai dengan Papua. Dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang  tersebut. Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain:

        1. strategi promosi di toko buku Modern, dengan tujuan

            ✅Menguasai display buku 

            ✅Mengadakan  promosi di internal toko 

            ✅Mengadakan  bedah buku 

            ✅Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan . Kuncinya kita proaktif komunikasi                         dengan teknik internal Toko Buku modern.


Startegi Pemasaran dengan Directsselling

Jenis kategori buku penjualan lewat directselling dibagi menjadi bebeberapa pasar antara lain:

            πŸ‘‰ buku pendidikan ( Buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang TK,SD, SMP,                    SMA, SMK) 

            πŸ‘‰ Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

            πŸ‘‰  Buku Referensi untuk jenjang TK, Sd, SMP, SMA , SMK, Perguruan Tinggi dan umum. Dengan pemetaan jenis kategori tersebut maka penerbit buku melakukan terobosan pemasaran denganmenempatkan tenaga penjual ( Sales). 

Tugas penjual kita beri tanggungjawab target sesuai mapingareanya masing-masingyang bertugas:

            πŸ‘ Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala sekolah bagian kurikulum, Biro Umum dll

            πŸ‘ Kunjungan langsung ke setiap Kampus/Perguruan tinggi untuk temui dosen, tiap Kaprodi , tiap                         Dekan, ke LPPMdan sampai para Rektor

            πŸ‘Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan Sekolah, Perpus Kampus, Perpustakaan Daerah dll

Jika sudah menentukan jenis naskah apa yang akan ditulis, penerbit Andi memiliki beberapa produser dalam proses penulisan dan pengiriman antara lain:

1. mengetik naskah dengan rapi menggunakan Font Time New Roman dan Font 12 pt 

2. panjang naskah tidak kurang lebih dari 150 halaman kertas A4

Yang terakhir adalah memberikan beberapa lampiran berikut saat mengirimkan naskah:

1.Sinopsis

Pastikan sudah menulis sinopsis dengan tepat. Sinopsis tidak boleh dari dua halaman sinopsis harus sudah merangkum isi naskah secara keseluruhan agar penerbit dapat menangkap garis besar naskah.

2. Proposal

Tulis proposal singkat yang menjelaskan alasan dari Penerbit ANDI  untuk menerbitkan naskah Proposal yang ditulis kurang dari dua halaman. 

3. Data Diri

Cantumkan data diri. Data diri berupa latar belakang, kompetensi yang  dimiliki maupun keterlibatan dalam suatu keanggotaan/organisasi

Materi hari ini sangat bagus karena sudah sampai pemasaran dan melangkah lebih maju. Tterimakasih banyak yang telah disampaikan hari ini, Penerbit ANDI sudah terkenal dan tepat kita belajar dari pak Agus Subardana, M.M. Semoga saya dapat membuat karya sendiri sampai ke penerbit yang dituju nanti, aamion

"BUKU ADALAH GUDANG ILMU, KUNCINYA ADALAH MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA"

Dengan materi ini saya semakin semangat untuk menambah ilmu tentang pemasaran buku , materinya sangat berguna bagi saya.

UMI KULSUM,S.Pd - SDN 2 LOGANDU

 



2 komentar:

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...