Senin, 06 Desember 2021

Teknik Promosi Buku

 


. "Ketika kamu mengalami masalah, kami ada solusinya."

 "Kamu tahu apa yang menjadi kebanggaan kami? Yaitu kepuasan Anda!"

Kutipan di atas  mungkin salah satu promosi yang sering kita dengar. Bismillah hari ini adalah pertemuan yang ke 28, betapa sedih tapi senang. Bagaimana sedih karena sebentar lagi akan ada penutupan secara otomatis ada perpisahan. Semoga nanti selanjutnya bisa berkarya sesuai harapan.

PROFIL NARASUMBER
Nama: Akbar Zaenudin, MM. MJW ( Motivator Nasional  dan Trainer). Pendiri PT EMJEWE Training n Coaching serta perusahaan penerbitan MJW group. Buku yang terbaru beliau adalah The Power of Man. Buku ini semacam penyempurnaan buku Manjada Wajada seri pertama, cetakan ke 13 sudah beredar 55.000 eksemplar, wah luar biasa Pak Akbar ๐Ÿ‘๐Ÿ‘.
Beliau menyampaikan Strategi pemasaran buku ada 4 hal yang biasa disebut 4P yaitu
๐Ÿ‘‰ PRODUCK, Strategi Produk
๐Ÿ‘‰ PRICE, Strategi Harga
๐Ÿ‘‰Place of Distribution (Distribusi)
๐Ÿ‘‰Promotion ( Promosi)
Kata Pak Akbar "Yang harus diperhatikan adalah sebelum menulis harus menentukan target audien atau pembaca kita siapa, Karena strategi untuk anak anak tentu berbeda dengan strategi untuk remaja begitu pula untuk dewasa/orang tua. Pembaca laki-laki dan perempuan  berbeda. Target audience kebutuhan mereka tentang buku kita".
Ini adalah  buku karya Pak Akbar





4 Hal Strategi Pemasaran Buku

1. PRODUCT (STRATEGI PRODUK)
    Produk merupakan tanggung jawab penerbit. Penulis memberikan masukan kepada penerbit  siapa target        pembaca kita dan apa kebutuhan mereka terhadap buku kita. Konsep buku tentu bisa ditentukan sesuai           dengan audiens.

2. PRICE (STRATEGI HARGA)
    Hal ini menjadi tanggung jawab penerbit. Ada 2 strategi penentuan buku yaitu  pertama harga buku secara         umum, kedua harga premium ( lebih mahal dari buku biasa). Tipis, hard cover tapi laku karena bagus.
    Harga buku memang punyai nilai jual mhal jika  ada nilai tambah dibandingkan  buku lainya. Misalnya hard        cover ditambah bonus-bonus seminar dan lainya.
3. DISTRIBUTION (STRATEGI DISTRIBUSI)
    Distribusi dibagi menjadi 2 yaitu tradisional dan non tradisional. Distribusi tdadisional adalah melalui toko-        toko buku baik jaringan  nasional maupun toko buku lokal. 

    Distribusi non tradisional antara lain melalui 
1. MLM ( Multilevel Marketing)
2. Penjualan langsung 
3. Market place/ e-comerce ( Lazada, bukalapak, Tokopedia, Shopee dll)

4. PROMOTION (STRATEGI PROMOSI)

    Ada beberapa promosi yang dapat dilakukan yaitu:
✋ LAUNCHING BUKU, program meluncurkan bukua baru. Kegiatan ini bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel di mana saja. Yang mengadakan bisa pnerbit, ataupun penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau  buku kita akan laku, karena itu perlu adanya launching buku.
✋ BEDAH BUKU, yaitu acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara  online maupun offline
✋SEMINAR/WORKSHOP, sesuaikan dengan tema  buku kita. 
✋MEMBANGUN KOMUNITAS, Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita . Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis, Buku tentang ice Breaking. 
✋ MEMBANGUN JARINGAN RESELLER, Reseller adalah orang-orang yang mau menjual buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. 
✋JUALAN di MARKETPLACE seperti Lazada, shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya. Membuka toko di marketplace.
✋MANFAATKAN MEDIA SOAIAL,  Medsos ini untuk promosi buku. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subcribe dengan memberikan informasi tentang buku, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis.
 
Terimakasih pak Dail dan Bapak Akbar Zainudin yang telah memaparkan materi ini dengan jelas dan mudah dipahami.. Semoga setelah mengikuti materi ini saya bisa menerapakan teknik promosi buku yang  dimiliki. aamiiin


2 komentar:

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...