Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1 a.9
AKSI NYATA MODUL 1.1 a.9
Assalamu'alikum saya Umi Kulsum awal mula mengikuti pembelajaran di sekolah terutama SDN 2 LOGANDU bersama anak, saya belum memahami bagaimana menghadapi anak yang baik serta strategi apa saja agar mereka bisa diarahkan sesuai harapan saya sebagai guru. Saya memperhatikan mereka penuh dengan seksama. Saya harus mencari cara agar bisa lebih baik lagi. Dengan mengikuti pendidikan guru penggerak ini saya mulai belajar banyak hal di antaranya:
A. MULAI DIRI SENDIRI
- Pengalaman yang membuat saya menjadi rindu bersekolah, yaitu punya banyak teman dan guru yang menyayangi serta memperhatikan muridnya. Dan pengalaman yang membuat kehilangan motivasi adalah ketika saya mendapatkan tugas dari guru dan saya bingung dengan perintahnya sehingga tidak semangat mengerjakan dan hilang motivasiku untuk bersekolah
- Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah saya secara khusus adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid
- Kegiatan, yang diharapkan lebih menyenagkan , materi yang disampaikan lebih mengena dan semoga bermanfaat bagi kit dan bagi keseluruhan di dunia pendiikan
B. EKSPLORASI KONSEP (Mandiri)
📍Yang paling menarik bagi saya yaitu pada saat beberpa daerah menginsipirasi pendidikan dan pemerintah memberikan kelonggaran pada organiasi Budi Utomo dan pendidikan pada era ibu Kartini karena masa itu semangat pendidikan luar biasa dan pantas ditauladani generasi penerus bangsa.
📍Tujuan pendidikan pada zaman kolonial adalah mempersiapkan kaum pribumi menjadi kelas menengah baru yang mampu menjabat sebagai “pangreh praja”.
📍 Perbedaan proses pembelajaran zaman kolonial dengan saat ini adalah cara menyampaikan secara langsung tanpa adanya bantuan internet , persamaanya adalah pembelajaran yang mendasar membaca menulis dan berhitung serta pembentukan karakter
C. EKSPLORASI KONSEP (DISKUSI )
Diskusi tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dari fasilitator memberikana arahan kepada kita tentang penguatan pemikiran filosofi yang berpihak pada murid dengan menuntun yang tidak mengkriminalisasi sesuai dengan kodra alam dan kodrat zaman, dengan konteks nilai -nilai luhur sosial budaya.
Dalam ruang kolaborasi sangat menyenangkan karena kami harus bekerja sama dalam satu kelompok yang membahas tentang:
- Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
- Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?
- Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan
D. KOLABORASI
Dalam kolaborasi kita saling menguatkan dalam nilai nilai luhur kearifan buadaya lokal daerah asalnya yang menguatkan karakter murid yang menuntun kekuatan kodrat alam dan zaman dan saling berbagi dari berbagai pendapat kawan kawan.
E. KONEKSI ANTAR MATERI
Calon Guru Penggerak diharapkan mampu mengingat kembali materi yang telah dipelajari dengan tujuan mampu mempertebal kreasi guru tentang ilmu filosofi ki Kajar Dewantoro. Semoga ilmu yang dipelajari bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain untuk pendidikan bersama. aamiin
Tugas Sebagai Guru Penggerak Mengenai 1.1 a.9 Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1
Lokasi : Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Komentar
Posting Komentar