Minggu, 11 September 2022

Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1 a.9

 AKSI NYATA MODUL 1.1 a.9


Oleh UMI KULSUM, S.Pd

CGP A6 KEBUMEN JAWA TENGAH 


                    Assalamu'alikum saya Umi Kulsum awal mula mengikuti pembelajaran di sekolah  terutama SDN 2 LOGANDU bersama anak,  saya belum memahami bagaimana menghadapi anak yang baik serta strategi apa saja agar mereka bisa diarahkan sesuai harapan saya sebagai guru. Saya memperhatikan mereka penuh dengan seksama. Saya harus mencari cara agar bisa lebih baik lagi. Dengan mengikuti pendidikan guru penggerak ini saya mulai belajar banyak hal di antaranya:

A. MULAI DIRI SENDIRI

  1. Pengalaman  yang membuat  saya menjadi rindu bersekolah,  yaitu punya banyak teman dan guru yang menyayangi serta memperhatikan muridnya. Dan pengalaman  yang membuat  kehilangan motivasi  adalah ketika saya mendapatkan tugas dari guru dan saya bingung dengan perintahnya sehingga tidak semangat mengerjakan dan hilang motivasiku untuk bersekolah 
  2. Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah  saya secara khusus adalah  pembelajaran yang berpihak kepada murid
  3. Kegiatan, yang diharapkan lebih menyenagkan , materi yang disampaikan lebih mengena dan semoga bermanfaat bagi kit dan bagi keseluruhan  di dunia pendiikan

 B. EKSPLORASI KONSEP  (Mandiri)

     📍Yang paling menarik bagi saya yaitu pada saat beberpa daerah menginsipirasi pendidikan dan pemerintah memberikan kelonggaran pada organiasi Budi Utomo dan pendidikan pada era ibu Kartini karena masa itu semangat pendidikan luar biasa dan pantas ditauladani generasi penerus bangsa. 

       📍Tujuan pendidikan pada zaman kolonial adalah mempersiapkan kaum pribumi menjadi kelas menengah baru yang mampu menjabat sebagai “pangreh praja”.

    📍 Perbedaan proses pembelajaran zaman kolonial dengan saat ini adalah cara menyampaikan secara langsung tanpa adanya bantuan internet , persamaanya adalah pembelajaran yang mendasar membaca menulis dan berhitung serta pembentukan karakter

C. EKSPLORASI KONSEP (DISKUSI )

Diskusi tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara dari fasilitator memberikana arahan kepada kita tentang penguatan pemikiran filosofi yang berpihak pada murid dengan menuntun yang tidak mengkriminalisasi sesuai dengan kodra alam dan kodrat zaman, dengan konteks nilai -nilai luhur sosial budaya.

Dalam ruang kolaborasi sangat menyenangkan karena kami harus bekerja sama dalam satu kelompok yang membahas tentang:

  1. Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
  2. Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan  dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?
  3. Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan 

D. KOLABORASI 

 Dalam kolaborasi kita saling menguatkan  dalam nilai nilai luhur  kearifan buadaya lokal daerah asalnya yang menguatkan karakter murid yang menuntun kekuatan kodrat alam dan zaman dan saling berbagi dari berbagai  pendapat kawan kawan. 


E. KONEKSI ANTAR MATERI

 Calon Guru Penggerak diharapkan mampu mengingat kembali materi yang telah dipelajari  dengan tujuan mampu mempertebal kreasi guru tentang ilmu filosofi ki Kajar Dewantoro. Semoga  ilmu yang dipelajari bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain  untuk pendidikan bersama. aamiin


Tugas Sebagai Guru Penggerak  Mengenai  1.1 a.9 Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1

Lokasi : Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...