Jumat, 30 Juni 2023

Situs Portal Berita Seru di Melintas.id

 


Penulis            : Umi Kulsum
Gelombang     : 29
Pertemuan ke   : 6
Narasumber      : Raimundus Brian Prasetyawan
Moderator         : Arofiah Afifi, S.Pd.
Materi               : Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

"Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan napas hidupnya". - Stephen King

Pada materi pertemuan ke 6 ini adalah materi baru dan membuat saya penasaran serta tergelitik untuk mengikuti terus hingga tuntas. Bersama moderator bu Arofiah Afifii yang baik hati serta narasumber yang sudah banyak berpengalaman yaitu bapak Raimundus Brian Prasetyawan biasa disapa pak Brian. Yuk ikuti sesi demi sesi agar tidak ketinggalan ilmunya. Bapak Brian yang membawakan materi tentang Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id.

Saya baru saja mendengar istilah ini, sehingga terus mengikuti dari awal. Menurut bu Ovi, agar tulisan memiliki power yang dahsyat maka dibutuhkan sebuah media yang mendukung eksistensi kita seperti tulisan di portal berita melintas.id. Melintas akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja.  Melintas merupakan situs portal berita di seluruh nasional yang pengelolaan IT nya di bawah naungan promedia  Promedia sudah memegang hampir 1000 situs portal berita di seluruh Indonesia. Melintas.id ini berada di tengah ekosistem media yang mumpuni.

LATAR BELAKANG Melintas.id

Ide berawal dari sebuah pengalaman dari Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 3 - 40 penulis dan dapat menghasilkan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar untuk diterima. Kemudian beberapa alumni dan tim solid Omjay diajak untuk mendidrikan media online yang kemudian menjadi tim redaksi meintas.id yang terdiri dari 7 orang.

MANFAATNYA

1. Memberikan pengalaman dan wawasan  baru

2. mendapat nilai tambah penghasilan ataupun sebagai wadah pengembanngan diri dalam hal menulis bagi peserta KBMN

Dalam penulisan promedia sangat dibutuhkan cara aturan agar tetap mendukung berkembangnya portal berita. Misalnya melintas.id harus ada paragraf pembuka dengan isi kalimat berita sebelum tulisanpuisi atau cerpenya dimuat. 

Melintas.id menyediakan  ada 10 menu rubrik  di antaranya:

1. Pendidikan (berita pendidikan umum)

2. Sastra ( cerpen,puisi,pentigraf dll)

3. Parenting 

4. News

5. Religi

6. Sekolah ( berita kegiatan/prestasi sekolah)

7. Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI)

8. Ragam (kuliner, travelling, kesehatan,budaya)

9. Olahraga

10. Opini

Ada 2 kategori penulis melintas.id, yaitu:

1. Penulis Lepas, Penulis yang tidak tergabung dalam grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim tulisan lewat email.

2. Penulis Tetap, penulis yang yakin ingin bergabung dengan melintas.id. Siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan, dan berpeluang mendapatkan honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Penulis Tetap terbagi menjadi 2 yaitu

a. Calon Conten Creator (CC), jika bergabung di CC nama penulis akan menumpang dulu dengan nama editor, nama penumpang penulis adalah kontributor. Kontributor diberi target menulis 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika terpenuhi makan akan naik jenjang menjadi Conten Creator (CC) jika tidak memenuhi akan dikeluarkan dari grup.

b. Conttrn Creator (CC) Jika memenuhi syarat 15 tulisan akan masuk grup baru disebuat Author. Harus menulis sebanyak 15 tulisan tiap bulanya.

c. Author Ini adallah penulis seutuhnya di melintas.id. Memiliki profil nama sendiri. Nama terdata dalam data base CMS melintas.id. Akan tetapi ada tanggungjawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan,jika tidak memenuhi akan diturunkan menjadi kontributor. 

CARA MENGIRIM TULISAN

1. dowload format file word

2. isi kolom table yang tersedia lalu menulis isi tulisan

3. kirim link form

Karena persaingan penulis sangat ketat maka kualitas tulisan harus dijaga. melintas.id sangat menjunjung tinggi anti plagiatiisme. Kemudian editor akan mengecek tulisan yang masuk, termasuk berpa persen plagiatismenya, batasanya adalah 30%. Dalam tulisan berita ada gambar untuk menarik pembaca tulisan yang diulas. Kita tidak boleh ambil sembarang gambar dari google. Gambar yang dipakai adalah dolumentasi pribadai,media sosialtokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seprti freepik.com,pixabay.com, pexels.com dan lainya. Menurut pimpinan redaksi membuat aturan panjang tulisan 350 sampai 800 kata. Kecuali puisi minimal 4 bait.  dan setiap bait terdiri 4 baris. Harus ada paragraf pembuka sebelum puisi. 

Menulis di portal berita merupakan hal baru Karena banyaknya ketentuan dan persaingan dengan situs situs besar di  google . Targetnya adalah mendapatkan banyak penguunjung. Sumber pengunjung terbesar masih dari google. Jadi ketentuan menulis di melintas.id dibuat sesuai logaritma google. Bagi yang ingin menjadi penulis tetap melintas (Calon Creator) bisa dafatr lewat form.  Namun harus benar benar komitmen  menulis setiap hari   https://forms.gle/qPfaGNT3TbAyppka9 

Kalau sekedar coba coba sebaiknya ikut menjadi penulis lepas saja,kirim lewat email. Untuk menjadi CC tidak sekedar tergiur dengan penghasilanMesti berkomitmen tinggi dan serius meniti karier di bidang ini. Jika hendakmencoba itupun tidak ada salahnya karena akan mendapatkan banyak informasi,lebih jeli membaca situasi dan lebih akrab dengan aturan kepenulisan.

               Alhamdulillah akhirnya sesi penutup diakhiri dengan closing stadmen yang menginspirasi sekali, semoga kita senantiasa mendapatkan kemudahan dalam menulis berita yang baik dan bermanfaat untuk semua.

Salam Literasi

1 komentar:

Curi pandang pikiran hilang

          Seorang bernama Candra , banyak yang bilang wajahnya mirip artis hidung mancung, kulit putih tinggi tapi sayang ekonomi sedikit te...